10 Alat Kebersihan yang Harus Tersedia di Rumah

22-February-2017 Artikel


Selain membersihkan rumah setiap hari, membersihkan rumah secara lebih menyeluruh setiap—setidaknya—sebulan sekali, juga harus dilakukan. Ajak seluruh anggota keluarga meluangkan waktu untuk membersihkan rumah bersama. Selain rumah menjadi lebih bersih, Anda juga bisa membangun kedekatan di antara anggota keluarga. Agar kegiatan bersih-bersih jadi lebih mudah dan menyenangkan, pastikan Anda punya alat-alat kebersihan yang lengkap seperti berikut ini.

1.Sikat
Sikat adalah benda yang wajib dimiliki untuk membersihkan rumah. Varian sikat ada berbagai macam, mulai dari yang tidak bertangkai, bertangkan pendek, ataupun bertangkai panjang. Namun, setiap sikat memiliki keunggulan masing-masing. Sikat bertangkai panjang cocok untuk menyikat lantai dan tidak membuat pegal namun sulit menjangkau bagian sudut. Sikat tidak bertangkai bisa mengjaungkau lebih banyak bagian namun Anda harus berjongkok saat menggunakannya. Sebaiknya miliki semua jenis sikat agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2.Sikat gigi
Ingin membersihkan bagian yang lebih spesifik lagi? Misalnya sela-sela keramik atau wastafel. Gunakan saja sikat gigi bekas. Bentuknya yang kecil cocok untuk menyikat sudut-sudut tersembunyi.

3.Lap
Benda satu ini diperlukan untuk membersihkan bagian permukaan dari berbagai perabotan, seperti meja, kursi, perabot elektronik, pajangan dan masih banyak lagi. Pilihlah lap berbahan katun yang tidak mudah sobek. Lap microfiber yang merupakan campuran dari bahan polyster dan nylon juga bisa menjadi pilihan. Meskipun harganya cenderung lebih mahal, namun juga awet dan bisa membersihkan kotoran lebih menyeluruh dibandingkan lap biasa.

4.Spons
Digunakan untuk mencuci piring dan dapur. Salah satu permukaan spons biasanya lebih kasar sehingga bisa digunakan untuk menggosok kotoran hingga bersih. Misalnya lumut yang yang muncul pada permukaan gayung dan sebagainya.

5.Kemoceng
Di Indonesia, kemoceng biasanya terbuat dari bulu ayam. Digunakan untuk membersihkan debu dan saran laba-laba yang terdapat di meja, atas lemari, hingga langit-langit rumah.

6.Sapu dan pengki
Membersihkan debu dan kotoran di lantai rumah Anda. Sapu tradisional terbuat dari ijuk namun pada produksi sapu yang modern, ‘rambut’ sapu terbuat dari olahan plastil yang dibuat menyerupai rambut sapu.

7.Sapu lidi
Sapu lidi dengan jumlah lidi yang banyak dan bergagang bambu biasanya digunakan untuk menyapu halaman. Sementara sapu lidi yang lebih tipis digunakan untuk menghilangkan debu dan kotoran pada tempat tidur dan sofa. Digunakan dengan cara memukul-mukulkannya ke permukaan benda yang dibersihkan.

8.Sikat Toilet
Sikat berbentuk membulat dengan gagang pendek. Digunakan untuk membersihkan lubang toilet.

9.Penyedot Debu
Digunakan untuk membersihkan debu pada karpet, sofa, tempat tidur, bahkan mobil.

10.Lap pel
Digunakan untuk membersihkan permukaan lantai secara menyeluruh bersama dengan campuran air dan cairan pembersih lantai seperti SOS anti bacterial.