4 Alasan Penyebab Rumah Anda Banyak Serangga

25-August-2017 Artikel


Serangga adalah hewan yang kehadirannya sangat mengganggu di dalam rumah. Keberadaannya menjijikan dan kerap menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, dan kotor. Lantas apa sebabnya sebuah rumah bisa didatangi banyak serangga sedangkan rumah lainnya tidak? Coba lihat 4 alasan di bawah, apakah Anda memiliki kebiasaan ini?

1.Tidak menyimpan makanan dengan benar

Saat meletakan makanan di meja, tempatkan dalam wadah tertutup. Sebab semut-semut sangat cepat mendatangi makanan yang dibiarkan terbuka. Bahkan walaupun makanan tersebut bukanlah makanan manis.

2.Sampah yang menumpuk

Jika plastik sampah sudah terisi cukup banyak, segera ikat dan singkirkan ke tempat sampah sementara yang terletak di halaman atau luar rumah. Sampah yang menumpuk seringkali jadi sumber munculnya serangga. Apalagi jika Anda tidak memisahkan antara sampah basah dan sampah kering. Oleh sebab itu usahakan agar selalu melakukan pemisahan sampah. Sampah basah seperti sisa makanan harus dipisahkan dari sampah kering karena sampah basah dapat mengundang serangga, dan jangan sekali-sekali membuang sampah basah di tempat sampah dalam kamar jika tak ingin serangga muncul di kamar Anda.

3.Taman tidak terawat

Punya taman di rumah memang menyenangkan. Namun jangan lupa memangkas ranting dan dahan pohon secara berkala. Tanpa Anda sadari ranting pohon yang terlalu panjang mungkin akan mencapai jendela atau lubang ventilasi rumah Anda. Kemudian ranting pohon tersebut akan menjadi ‘jembatan’ masuknya serangga-serangga yang terdapat di pohon ke rumah Anda. Oleh karena itu, usahakan agar ranting pohon selalu rapi. Tambahkan juga kawat anti nyamuk di lubang ventilasi Anda.

4.Lantai kotor

Lantai yang jarang dibersihkan juga bisa memicu datangnya serangga. Sebab di lantai bisa saja ada remah-remah makanan yang berjatuhan atau sisa tumpahan minuman yang tidak hilang sempurna meski sudah dilap. Bersihkan selalu lantai rumah secara teratur dengan menyapu dan mengepel lantai.