5 Fakta tentang Cuci Tangan yang Harus Kamu Tahu!

12-June-2017 Artikel


Kata orang, cuci tangan itu penting, memangnya sepenting apa sih? Simak jawabannya di balik fakta-fakta berikut ini. Bisa jadi Anda nggak akan menyepelekan cuci tangan lagi!

  • Kuman bisa berkembangbiak di tangan!
    Kuman yang dibiarkan bisa berkembangbiak dengan cepat di tangan kita. Terutama di sela-sela jari serta di balik kuku. Seperti yang  dilansir dari family.fimela.com, dalam setiap sentimeter persegi kuku menyimpan 4 juta kuman di antaranya Streptococci (penyebab sakit tenggorokan), Staphylococcus (penyebab hemolisis/pemecahan sel darah), Avian Influenza (penyebab ISPA), dan masih banyak lagi.
     
  • Tangan kotor bisa bikin infeksi
    Jutaan kuman penyakit bersarang di permukaan kulit tangan kita walaupun secara kasat mata tangan terlihat bersih. Jika tangan yang kotor kita pakai menggaruk hingga luka, potensi infeksi akan sangat tinggi. Selain itu berbagai virus dan bakteri penyebab sakit perut, cacingan, ISPA, serta penyakit lain yang mengancam nyawa juga sangat mudah berpindah lewat tangan yang kotor, hingga menyebabkan infeksi.
     
  • Hand sanitizer tak cukup
    Menurut penelitian, pemakaian hand sanitizer tidak cukup untuk membunuh jenis kuman tertentu, apalagi kalau jumlah yang dipakai masih kurang. Kita tetap butuh mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk menjamin agar tangan kita bebas dari kuman! Untuk itu jangan lupa selalu sediakan SOS Hand Soap Anti Bacterial yang telah teruji klinis 99% ampuh membasmi kuman dan bakteri dari tangan.
     
  • Cuci tangan minimal 45 detik!
    Agar manfaat cuci tangan dan kuman bersih secara maksimal, kita dianjurkan untuk mencuci tangan tak kurang dari 45 detik berturut-turut. Lebih baik lagi kalau kita cuci tangan sampai 1 menit penuh. Yang terpenting, saat mencuci tangan gerakan kita tak asal-asalan. Jadi jika Anda mencuci tangan di wastafel umum, tak usah merasa terburu-buru ya!
     
  • Ada 10 langkah cuci tangan yang tepat
    Apakah Anda termasuk orang yang berpikir membilas tangan dengan air sudah bisa digolongkan sebagai “mencuci tangan”? Jika ya, maka Anda perlu menyadari langkah cuci tangan Anda belum tepat. Air tak bisa menghilangkan jutaan kuman penyakit yang menempel pada kulit tangan kita. Untuk itu kita harus memakai sabun khusus cuci tangan seperti varian SOS Hand Soap. Cara mencuci tangannya juga sangat berpengaruh terhadap kebersihan lho. Baca lebih lanjut 10 langkah cuci tangan di sini!