Cara Membersihkan Sela-sela (Nat) Ubin dan Keramik

11-January-2018 Artikel


Sudah rajin menyapu dan mengepel lantai, namun masih terlihat kusam dan kurang cerah? Mungkin permasalahannya ada pada sela-sela ubin atau keramik yang kotor atau terlewat dibersihkan. Nat atau sela-sela pada lantai tidak bisa dibersihkan hanya dengan menyapu atau mengepel, permukaan nat yang berongga, menyebabkan debu dan kotoran menempel hingga mengeras sehingga sulit untuk dibersihkan hanya dengan cara biasa. Tetapi jangan khawatir, karena ada tips-tips berguna yang dapat mengatasinya dan cukup mudah serta Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Langkah #1 : Buat Cairan Racikan Pembersih Nat

Cairan pembersih nat bisa diracik sendiri dengan mencampurkan bahan-bahan seperti; sebuah ember atau mangkuk besar, campurkan 7 cup air hangat, 1/2 cup soda kue, 1/3 cup amonia, dan ¼ cup cuka putih. Pastikan semua bahan tercampur dan larut secara merata.

Langkah #2 :  Masukan Cairan ke Dalam Botol Spray

Setelah memastikan racikan larutan pembersih tersebut tercampur dengan baik, siapkan botol spray (atau gunakan mangkuk) kemudian masukan larutan tersebut kedalamnya. Hal yang perlu diingat adalah, bersihkan lantai dan sela-sela nat terlebih dahulu dengan menyapu atau mengelap. Jika sudah yakin lantai bersih dari kotoran dan debu, mulailah semprotkan larutan tersebut pada sela-sela nat.

Langkah #3 : Sikat Sela-sela Nat

Setelah menyemprotkan larutan secara merata pada sela-sela nat, tunggu beberapa saat (sekitar 3 menit). Setelahnya mulailah menyikat sela-sela nat menggunakan sikat yang biasa Moms gunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi. Sikat secara menyeluruh, jangan sampai ada bagian sela nat yang terlewatkan ya.

Langkah #4 : Tuntaskan dengan Pembersih Lantai

Setelah selesai menyikat sela nat, kemudian bersihkan dengan menggunakan lap kering yang bersih. Moms dapat segera melihat sisa-sisa kotoran dan debu yang menempel kini sudah bersih dan terangkat. Selanjutnya, Anda dapat mengepel lantai dengan SOS Cairan Pembersih Lantai Sereh. Selain dapat membunuh kuman, membersihkan debu, noda, dan kotoran yang ada di permukaan lantai serta mengkilapkan lantai, aroma serehnya juga dapat mengusir serangga dari rumah Anda.

Jangan lupa, agar sela nat tidak kembali kusam, lakukan kembali langkah-langkah pembersihan sela nat ini secara rutin. Moms dapat mengulangnya minimal setiap satu bulan sekali. Kini sela-sela nat bebas dari kusam, rumahpun terlihat baru karena lantai yang mengkilap dengan aroma sereh yang menenangkan.