Macam-macam Tanaman Pengusir Serangga

23-November-2017 Artikel


Tidak hanya dapat mempercantik tatanan halaman atau ruang pada rumah Anda, ternyata macam-macam tanaman berikut juga dapat membantu mengusir serangga dan tentunya memberikan keharuman serta kesegaran tersendiri. Check them out, Moms!

Peppermint

Aroma mint tidak hanya mampu memberikan kesegaran tapi juga ampuh mengusir nyamuk yang berdengung di sekitar rumah. Sebagai bonus, jika Anda menanam tanaman mint di rumah, Anda bisa menggunakannya sebagai pengusir nyamuk alami dan memanfaatkan daunnya untuk bahan masakan Anda.

Catnip

Tanaman yang bunganya dikenal sebagai kumis kucing ini, ternyata cukup ampuh mengusir kecoa dari area dapur Anda. Kandungan nepetlactone pada Catnip juga ampuh untuk mengusir beberapa serangga seperti kumbang, nyamuk, dan kutu. Tapi hati-hati ya, tanaman ini mungkin kurang sesuai jika Anda memiliki kucing peliharaan di rumah. Sebab, tanaman catnip ini dapat menyebabkan kucing ‘mabuk’ dan bertingkah aneh selama beberapa jam, meskipun tidak menyebabkan gangguan permanen.

Lavender

Minyak dari bunga Lavender terbukti ampuh dapat mengusir nyamuk. Selain itu keharuman dari bunga ini pastinya akan memberikan kesegaran pada lingkungan rumah Anda. Lavender juga punya bentuk yang cantik sehingga cocok untuk menghiasi halaman rumah.

Pennyroyal

Bunga ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, tetapi juga untuk membersihkan kebun dari kutu, ngengat dan serangga lainnya. Di Indonesia, tanaman ini tidak begitu umum. Namun jika Anda berniat menanamnya, Anda mungkin bisa memperoleh bibitnya di toko khusus tanaman atau membeli bibitnya secara online.

Lemongrass

Tidak hanya dapat digunakan sebagai penyedap masakan, keharuman khas dan kandungan alami minyak Sereh (Citronella) juga dapat mengusir serangga seperti nyamuk, lalat, kecoa, dan semut. Beruntungnya, Moms bisa memperoleh manfaat sereh dengan mengepel lantai rumah menggunakan SOS Pembersih Lantai Sereh yang telah teruji klinis mampu mengusir serangga . Wangi serehnya yang segar juga membuat rumah Anda lebih nyaman dan serangga enggan datang kembali.