Penyakit yang Muncul Akibat Lupa Mencuci Tangan

16-March-2017 Artikel


Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang Anda gunakan untuk berinteraksi dengan dunia di sekeliling Anda. Entah itu menyentuh benda-benda atau berjabat tangan, secara tak langsung tangan Anda pun terinfeksi oleh kuman. Apalagi jika setelahnya Anda menggunakan tangan untuk mgambil makanan, minuman, atau menyentuh permukaan kulit Anda yang lainnya. Tanpa sengaja Anda telah membawa kuman penyakit masuk ke dalam tubuh. Ini dia 5 jenis penyakit yang sering muncul akibat tidak mencuci tangan.

Flu dan batuk

Flu adalah penyakit yang menular melalui uap napas, bersin, atau batuk yang dialami oleh penderita. Uap, napas, bersin, dan batuk tersebut mendarat pada objek di sekitar kita, lalu tanpa sadar Anda atau anggota keluarga lainnya menyentuh benda-bendar yang terpapar virus. Tangan Anda yang belum dicuci kemudian menyentuh hidung atau mulut sehingga menginfeksi Anda dengan virus atau bakteri.

Gastroenteritis

Penyakit  ini adalah peradangan pada lambung dan usus yang disebabkan oleh virus Norovirus dan Rotavirus. Gejala umum gastroenteritis termasuk mual dan muntah, kram perut dan virus diare. Penyakit ini dapat menyebar ketika tangan tidak dicuci atau kurang bersih saat mencuci tangan usai buang air besar, mengganti popok atau penanganan muntah, lalu terkontaminasi pada makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Keracunan makanan

Disebabkan oleh beberapa bakteri termasuk Salmonella, Shigella, Staphylococcus aureus, Campylobacter dan E. coli. Biasanya terjadi ketika memakan makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut dan diperburuk dengan kondisi tangan yang kotor.

Cacingan

Cacingan adalah penyakit yang sangat umum terjadi ketika Anda tidak memerhatikan kebersihan tangan Anda. Pada kotoran manusia dan hewan biasanya terdapat telur cacing pada tahap perkembangan tertentu. Jika Anda memiliki kontak dengan tanah yang terinfeksi atau kotoran (bahkan kotoran bayi) dan tidak mencuci tangan sebelum menyentuh makanan atau minuman, Anda berisiko tidak sengaja menelan telur cacing yang kemudian tumbuh menjadi cacing dewasa. Cacingan merupakan merupakan sumber penyakit kronis dan kekurangan gizi, bahkan bisa berakibat fatal jika dibiarkan.

Infeksi mata dan kulit

Penyakit seperti cacar air, campak, ruam, eksim dll telah terbukti menular melalui kontak tangan. Ingat selalu untuk mencuci tangan Anda dengan bersih setelah melakukan aktivitas apapun terutama sebelum makan dan setelah dari toilet. Gunakan SOS Hand Soap Fragrance yang efektif membunuh kuman yang ada di tangan dan buatlah momen makan bersama keluarga jadi aman dan bebas kuman. Kombinasi bunga dan buah mampu menghilangkan bau amis, serta Aloe Vera membuat tangan jadi lembut dan halus. Tersedia dalam 3 varian keharuman yaitu Melon, Strawberry dan Orange Floral.