Perhatikan Kondisi Ini Sebelum Membeli Rumah Second

18-April-2017 Artikel


Saat ini membeli rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, meski memiliki harga yang tinggi, luas tanah dan rumah juga tidak terlalu besar. Semakin menyempitnya lahan untuk perumaahan membuat luas rata-rata rumah di zaman sekarang menjadi lebih kecil dibandingkan rumah-rumah tipe lama. Jika Anda membutuhkan rumah yang lebih luas, namun budget yang Anda miliki terbatas, mungkin Anda bisa mencoba hunting rumah second untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, membeli rumah second juga ada triknya. Selain memperhatikan luas tanah dan bangunan serta harganya, coba perhatikan juga hal-hal berikut ini.

  • Air 
    Agar kebutuhan air sehari-hari terpenuhi, pastikan lokasi rumah yang hendak Anda beli memiliki akses yang baik terhadap air bersih. Sebagai contoh, rumah yang dibangun di tas lahan bekas area sawah atau rawa kualitas airnya tidak terlalu baik. Solusinya, Anda bisa membeli air dari PDAM. Pastikan lokasi rumah tersebut memungkinkan untuk dilalui jalur PDAM. Jika kualitas air di wilayah tersebut cukup bagus, maka biasanya rumah tersebut memiliki fasilitas pompa air. Pastikan fasilitas ini dapat berfungsi dengan baik.
     
  • Listrik
    Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah daya listrik di rumah tersebut. Tanyakan pada pemilik rumah apakah daerah tersebut sering mengalami mati listrik? Jika ya, coba pertimbangkan lagi. Listrik yang sering mati dapat merusak perangkat elektronik. Selain itu tanyakan juga berapa daya listrik rumah tersebut, apakah cukup memenuhi kebutuhan listrik perabot elektronik Anda atau tidak.
     
  • Kondisi Fisik
    Selanjutnya, periksa kondisi rumah secara keseluruhan. Mulailah dari hal-hal yang terlihat oleh mata terlebih dulu seperti kondisi cat dinding, pintu, jendela, dan kualitas lantai. Jika Anda melihat bekas rembesan air di tembok, bisa jadi rumah tersebut mengalami kebocoran. Pastikan apakah sudah diperbaiki atau belum. Cek apakah kusen pintu dan jendel sudah dimakan rayap atau masih bagus. Tes juga kondisi kran air, wastafel, dan kloset apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.
     
  • Lingkungan dan sejarah
    Lihat lingkungan rumah, apakah cukup nyaman dan sesuai dengan harapan Anda? Cari tahu apakah lingkungan tersebut aman atau rawan pencurian dan banjir. Sebaiknya lingkungan tempat tinggal juga dekat dengan fasilitas yang memudahkan aktivitas keluarga Anda, misalnya sekolah anak-anak, akses kendaraan umu, serta pasar tradisional ataupun swalayan.

Jika empat hal tersebut sudah diperhatikan dan sesuai dengan harapan Anda, maka lanjutkan pengecekan kelengkapan surat-surat rumah, dan setelahnya Anda bisa mulai mengajukan pinjaman ke bank. Selamat berburu rumah second!