10 Langkah Mencuci Tangan yang Benar

16-March-2017 Tips


Tahukah Anda virus dan bakteri penyakit  menular ketika masuk ke dalam hidung atau mulut? Tetapi—tangan Anda, mempunyai peran besar sebagai medium penularan tersebut. Penyakit yang menular lewat mulut misalnya, terpapar virus ketika ia selesai menggunakan toilet dan tidak mencuci tangannya dengan bersih. Ada pula yang makan tanpa mencuci tangan dengan bersih, sehingga virus dan bakteri yang menempel sebelumnya di tangan. Hal yang sama terjadi pada penyakit yang menular lewat hidung. Misalnya Anda menyeka hidung dengan tangan yang kotor. Maka jangan heran jika setelahnya Anda akan terkena penyakit tertentu, apalagi jika daya tahan tubuh Anda sedang kurang baik. Mulai dari sakit ringan seperti flu dan batuk, hingga yang lebih parah lagi, dapat terjadi pada Anda.

                 Oleh sebab itulah, Anda harus memperhatikan kebersihan tangan dengan baik. Jangan asal saja saat mencucinya. Untuk meminimalisasi penularan penyakit, perhatikan cara mencuci tangan yang benar berikut ini.

  1. Mencuci tangan yang paling baik adalah dengan air bersih yang mengalir.
  2. Gunakan SOS Hand Soap Anti Bacterial pada telapak tangan Anda.
  3. Gosok telapak tangan kiri Anda menggunakan tangan kanan, dan sebaliknya.
  4. Gosok punggung tangan Anda dengan cara menyelipkan jari-jari kanan ke sela jari-jari kiri dan sebaliknya.
  5. Bersihkan sela-sela jari tangn dengan cara menautkan sela-sela jari tangan kanan dan kiri. Posisi telapak tangan berhadapan.
  6. Gosokan bagian belakang buku-buku jari dengan telapak tangan. Posisi jari saling mengunci.
  7. Gosok telapak tangan kanan dengan ujung-ujung jari tangan kiri searah dengan jarum jam dan sebaliknya.
  8. Gosok ibu jari kiri Anda dengan cara menggenggamnya dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  9. Bilas hingga bersih dengan air mengalir.
  10. Keringkan dengan handuk atau tisu. Gunakan tisu untuk menutup keran air.

Semakin sempurna cara Anda mencuci tangan, maka semakin kecil juga penularan virus dan bakteri melalui medium tangan. Yuk, biasakan keluarga Anda cuci tangan dengan benar menggunakan SOS Hand Soap Anti Bacterial. Teruji klinis 99% ampuh melindungi tangan dari kuman dan virus, serta mengandung Vitamin E yang mampu merawat tangan agar tetap halus dan lembut. Wangi buah dan daun mint dapat menghilangkan bau tak sedap di tangan.