Bahaya Serangga di Rumah dan Cara Mengatasinya

20-October-2017 Tips


Kehadiran serangga di rumah yang dibiarkan bisa jadi berbahaya. Sebab banyak serangga yang bisa jadi sumber penyakit.berikut ini adalah jenis-jenis serangga yang biasa ada di rumah dan bahaya yang bisa mereka timbulkan.

Lalat
Lalat adalah binatang yang sering berkeliaran di tempat kotor seperti tempat sampah. Keberadaan lalat bisa menjadi bahaya ketika hinggap di atas makanan. Sebab lalat adalah hewan yang tidak bisa mengunyah. Saat makan, lalat akan mengeluarkan enzim pencernaan pada makanan sebelum memakannya. Selain itu, lalat rata-rata membawa lebih dari 200 jenis bakteri berbahaya, karena lalat sering hinggap di makanan busuk dan kotoran. Ribuan rambut kecil pada lengan dan kakinya memungkinkan kuman-kuman berbahaya pindah ke makanan. Jika Anda memakan makanan yang pernah dihinggapi lalat, maka bisa saja terkena penyakit berbahaya seperti  disentri,tifus, dan banyak lagi.

Kecoa
Salah satu hama serangga yang paling dibenci di rumah adalah kecoa. Tak bisa dipungkiri, kita mengasosiasikan kecoa dengan segala sesuatu yang jorok dan menjijikkan Pada tubuhnya tertempel berbagai jenis kuman penyakit, sehingga seperti halnya lalat, kecoa yang merupakan pemakan segala ini menjadi vektor berbagai penyakit. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kebersihan rumah secara saksama. Jangan biarkan ada bahan masakan, peralatan makan, serta makanan dan minuman yang ditinggal terbuka karena bisa dihinggapi kecoa.

Nyamuk
Meskipun ukurannya sangat kecil, nyamuk adalah salah satu hewan yang banyak menimbulkan penyakit berbahaya. Sebut saja malaria, demam berdarah dengue, chikungunya, kaki gajah, dan lainnya. Memang tidak semua jenis nyamuk bisa jadi medium penularan penyakit-penyakit tersebut, hanya jenis tertentu saja. Namun jika tidak segera ditangani dengan tepat, orang yang terkena gigitan nyamuk bisa sakit bahkan hingga meninggal atau cacat permanen. Wah, hati-hati ya Moms, khususnya jika si kecil yang tergigit nyamuk.

Semut
Beberapa jenis semut bisa menyengat tubuh hingga menimbulkan dampak rasa sakit (perih), ruam kemerahan,  gatal, hingga bengkak. Lebih parah lagi jika Anda atau si kecil tidak sengaja menelan semut yang terdapat di makanan atau minuman. Semut yang tertelan tidak serta mati begitu saja, tetapi masih bisa bertahan hidup selama beberapa waktu, bahkan menyengat bagian dalam tubuh. Akibatnya Anda bisa mengalami reaksi alergi yang mengganggu sekali. Apalagi semut juga bisa membawa penyakit karena kebiasaanya memakan sisa makanan atau tanaman.

Anda bisa melakukan beberapa cara agar serangga tidak datang ke rumah. Rapikan setiap barang-barang yang ada di rumah, apabila ada barang yang tidak terpakai dapat dibuang agar tidak menumpuk dan menjadi tempat bersarang serangga. Selalu menjaga kebersihan rumah secara teratur, menyapu lantai sampai ke tiap- tiap sudut rumah, sempurnakan dengan mengepel rumah minimal dua kali dalam sehari dengan SOS Pembersih Lantai Sereh yang dapat membersihkan debu, noda, kotoran yang ada di permukaan lantai mengkilapkan lantai, dan membunuh kuman(E.coli, S.aureus, P.aeruginosa dan S.typhimurium).

Dengan Kandungan alami minyak sereh yang teruji klinis mampu mengusir lalat, semut, nyamuk, dan kecoa yang ada di lantai. Lengkap banget kan Moms? Yuk beli dan praktikkan dirumah Moms..