Menyiapkan Ruang Bermain yang Aman untuk Anak

24-January-2017 Tips


Jika Anda memiliki anak berusia balita, ruang bermain tentunya menjadi bagian rumah yang penting diperhatikan. Di sini, si kecil akan belajar mengenal banyak hal untuk pertama kali. Sehari-harinya pun si kecil akan menghabiskan sebagian besar waktunya di sini. Baik untuk berkreasi atau sekedar bermain. Agar tumbuh kembangnya optimal, yuk buatkan sebuah area khusus yang aman dan nyaman untuk si kecil! Berikut tips yang dapat Anda terapkan di rumah untuk menyiapkan ruang bermain anak yang aman dan nyaman :

  • Pakai furniture yang ringan dan sisinya tidak bersiku tajam.
    Ini penting untuk mencegah anak terluka jika jatuh dan terantuk ketika bermain. Untuk itu, lebih disarankan agar di ruang bermain ini Anda bisa memasang furniture khusus anak seperti meja dan kursi yang terbuat dari plastik dan sisinya membulat ataupun melengkung. Sesuaikan juga tingginya dengan tinggi anak.
     
  • Perhatikan sirkulasi udara

    Usahakan agar ruang bermain anak tidak terkesan sumpek dengan furniture dan tumpukan mainan yang berantakan di sana-sini. Tempatkan ruang bermain ini di dekat jendela atau ventilasi agar sirkulasi udaranya tetap baik. Sirkulasi yang baik akan menjaga kesehatan pernapasan si kecil.
     
  • Pastikan lantai selalu bersih

    Lantai ruang bermain anak harus rajin dibersihkan, agar si kecil tetap sehat saat duduk dan bermain di bawah. Mengepel dengan air saja belum cukup. Kuman dan bakteri perlu dibasmi agar anak bisa bermain dengan aman dan nyaman. Untuk itu, tambahkan cairan SOS Pembersih Lantai anti bacterial yang bisa membuat lantai rumah Anda tak hanya wangi, tapi juga bebas kuman. Hadir dengan aroma pilihan Orange Splash, Lemon Twist, Apple Wonder, dan Magic Pine.
     
  • Amankan perangkat listrik

    Walaupun posisi kita sedang berada di rumah menjagai anak, bukan tidak mungkin sesekali anak akan terlepas dari pengawasan kita. Terutama anak balita, yang suka bermain sendiri mengeksplor rumah. Di saat anak berkeliaran ini, yang paling berbahaya adalah kalau ia tiba-tiba bermain dengan perangkat listrik. Kalau anak iseng memasukkan jari dan benda asing ke dalam stop kontak, bisa menyebabkan kesetrum bahkan kebakaran. Ngeri, bukan? Untuk itu pasanglah stop kontak tamper resistant receptacle alias ramah anak. Untuk terminal listrik dan kabel roll, tempatkan di ketinggian yang luput dari jangkauan si kecil. Anda bisa juga memasang cover terminal untuk mengamankan terminal listrik. Perhatikan juga kabel listrik di rumah Anda. Kabel yang berseliweran bisa berbahaya apalagi kalau sudah terkelupas. Untuk itu tutupi kabel dengan duct cord cover alias pipa pelindung kabel. Jika belum sempat membelinya, Anda bisa juga menggunakan lakban hitam untuk melindungi kabel dan stop kontak untuk sementara waktu.
     
  • Ciptakan suasana kreatif

    Tak perlu banyak dekorasi mewah di area ini. Yang penting, ciptakanlah suasana ruangan yang bisa menambah kreativitas anak Anda. Ini bisa didapatkan dari warna dinding yang cerah, warna-warni furniture dan mainan imajinatif kesukaan buah hati. Ajarkan juga anak untuk membereskan mainannya setelah bermain. Jangan sampai mainan ditinggal tersebar berantakan. Ini bisa tanpa sengaja terinjak atau membuat si kecil tersandung. Simpanlah mainan yang mirip dalam satu tempat. Selain itu, agar buah hati bersemangat untuk berkreasi, jangan lupa pajang hasil karyanya di area ini ya.