Pastikan Rumah Bersih Sebelum Ditinggal Mudik

12-June-2017 Tips


Menjelang lebaran, sudah saatnya juga Anda melakukan persiapan untuk mudik. Bukan hanya mempersiapkan apa-apa saja yang dibawa, tetapi juga apa yang akan Anda tinggalkan - misalnya saja rumah Anda. Salah satu yang harus diperhatikan adalah meninggalkan rumah dalam keadaan bersih. Anda tentu tidak mau jika sekembalinya dari mudik, rumah Anda sudah berubah kotor, bau, dan banyak serangganya. Nah, agar mudik lebih tenang, pastikan dulu rumah Anda bersih sebelum ditinggalkan. Coba cek daftar di bawah ini

Jangan tinggalkan cucian kotor
Jangan sekali-kali meninggalkan cucian kotor di rumah yang kosong. Baik itu rendaman pakaian ataupun tumpukan piring kotor. Empat hari sebelum mudik, pastikan pakaian kotor Anda sudah ducuci dan dijemur sehingga setidaknya pada H-1 semua cucian sudah kering. Cuci semua piring, gelas, dan peralatan masak yang kotor. Cek kembali isi kotak makan Anda, apakah masih Anda sisa makanan yang belum dibuang atau tidak. Meninggalkan cucian kotor dalam waktu lama akan menimbulkan bau busuk yang tajam, memancing serangga, bahkan menimbulkan jamur.

Tutupi perabotan
Siapkan kain berukuran lebar atau seprai yang sudah tidak terpakai. Tutupi perabotan Anda, seperti sofa, televisi, kursi, lemari, dan barang-barang lainnya dengan kain tersebut. Cara ini akan mencegah debu-debu menempel di perabot Anda sehingga tidak akan terlalu sulit membersihkannya setelah mudik nanti.

Kosongkan bak mandi
Kosongkan bak mandi, ember berisi air, dan apapu wadah yang Anda gunakan untuk menampung air. Jika dibiarkan tertampung terlalu lama, air bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Daripada menjadi sumber penyakit, lebih baik dikosongkan saja.

Sortir Isi kulkas
Singkirkan semua bahan makanan yang mudah busuk dan makanan yang sudah akan basi. Mungkin selama bulan puasa, Anda menyimpan banyak persediaan bahan makanan. Namun jika masih tersisa hingga menjelang mudik, lebih baik buang saja. Tidak perlu merasa sayang, karena percayalah Anda tidak ingin menemukan kulkas yang berbau busuk setelah Anda kembali dari mudik nanti.

Bersihkan lantai rumah
Jangan sampai terlewatkan membersihkan lantai rumah. Sapu dan pel secara menyeluruh lantai rumah Anda dengan SOS Cairan Pembersih Lantai. Pilih aroma yang Anda sukai - magic pine, apple wonder, orang splash, lemon twist, atau floral breeze. Tinggalkan rumah dalam keadaan bersih dan bebas kuman, karena SOS Cairan Pembersih Lantai teruji klinis mampu membunuh kuman hingga 99%.

Singkirkan sampah
Kumpulkan semua sampah rumah tangga, tempatkan dalam kantung plastik sampah dan ikat hingga rapat. Setelahnya, tempatkan kantung sampah di bak sampah luar rumah atau lokasi pembuangan lain yang mudah ditemukan oleh petugas pengangkut sampah. Jangan tinggalkan sisa sampah di dalam rumah, khususnya sampah basah.

Cabut gas dan matikan sakelar
Bukan hanya kebersihan, perhatikan juga aspek keamanan rumah. Pastikan Anda sudah mematikan kompor, over, dan alat masak lainnya. Lebih aman lagi, cabut selang gas yang tersambung ke oven dan kompor Anda. Matikan juga sakelar semua lampu dan peralatan elektronik di rumah. Cukup nyalakan lampu-lampu yang penting seperti lampu teras dan halaman agar rumah tidak terlalu gelap selama Anda tinggal mudik.