Tips Agar Rumah Bersih dan Rapi Setelah Mudik

11-July-2017 Tips


Setelah lelah mudik, inginnya Anda bisa santai beristirahat di rumah. Namun setelah ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama, rumah malah jadi kotor dan perlu dibersihkan. Belum lagi setumpuk pakaian kotor dan berbagai barang bawaan dari kampung halaman. Ikuti saja tips di bawah ini agar Anda tidak bingung saat harus mulai membereskan rumah.

Dahulukan bagian kamar
Jangan bingung harus mulai dari mana, pertama-tama bersihkan dulu bagian kamar tidur. Gantilah seprai, sapu dan pel lantai. Meskipun Anda belum sempat menyenuh bagian rumah yang lain, tetapi kamar yang bersih akan membuat Anda nyaman beristirahat setelah perjalanan panjang. Biarkan Anda melepas lelah dulu, baru pikirkan soal berbenah di esok hari.

Bagikan oleh-oleh
Jika Anda berbelanja buah tangan saat mudik, segera bagikan oleh-oleh tersebut. Baik itu keluarga ataupun tetangga sekitar rumah. Jangan menunda lebih lama lagi, sebab oleh-oleh yang yang tidak segera dibagian hanya akan menumpuk dan membuat rumah Anda semakin berantakan.

Pisahkan pakaian kotor
Tidak bisa dihindari perjalanan mudik pasti menyisakan setumpuk pakaian kotor. Segera setelah pisahkan pakaian kotor. Jika merasa tak sanggup menanganinya sendiri, Anda bisa membawanya ke laundry. Namun jangan sekali-sekali mengabaikan tumpukan baju kotor, karena dapat menimbulkan aroma tak sedap.

Bersihkan area berdebu
Permukaan meja, perabotan, dan lantai, adalah bagian-bagian yang pasti dipenuhi debu. Jika Anda menutupi permukaan meja dan perabot dengan kain sebelu m mudik, mungkin debu dapat diminimalisasi. Akan tetapi debu di bagian lantai tidak mungkin dihindari. Jadi utamakan membersihkan bagian-bagian yang berdebu ini. Pel seluruh permukaan lantai dengan SOS Pembersih Lantai Anti Bacterial yang terbukti klinis mampu membunuh kuman hingga 99% dan membuat lantai rumah beraroma segar.

Jangan tambah kekacauan
Jika Anda belum sempat membereskan rumah, setidaknya jangan ciptakan 'kekacauan' tambahan. Hindari memindahkan letak furnitur atau memasak sendiri karena hanya akan akan membuat rumah semakin berantakan. Tunda rencana menata ulang rumah hingga Anda sempat membersihkannya terlebih dulu dan sebaiknya, manfaatkan jasa pesan antar makanan untuk sementara daripada membuat dapur Anda semakin kotor.