Tips Memilih Ubin untuk Ruangan-ruangan di Rumah

07-February-2018 Tips


Banyaknya pilihan ubin di pasaran akhir-akhir ini, bisa jadi membuat Moms kebingungan harus memilih yang mana? Lantai adalah bagian fundamental dalam mendekorasi ruangan. Selain desain, coraknya atau warna yang bagus, ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu kualitas materialnya menjadi salah satu faktor yang cukup perlu untuk diperhatikan saat memilih ubin.

Sebelum Moms memilih lantai untuk rumah, sebaiknya memahami informasi pilihan jenis lantai yang sesuai di ruangan mana lantai itu akan dipasang. Kebanyakan pilihan jatuh pada jenis keramik ataupun marmer. Tetapi, jika disesuaikan dengan kebutuhan, ada beberapa material lain yang mungkin lebih cocok dibanding kedua pilihan tadi. Yuk moms, Ikuti penelusuran informasi berikut ini :

 

Jenis #1: Batu Alam

 

 

Lantai batu alam akan terlihat serasi apabila digunakan di outdoor, untuk ruangan yang dimasuki sinar matahari langsung outdoor ataupun ruangan yang berkonsep natural seperti toilet beratap terbuka. Selain untuk penggunaan ruangan dengan konsep tersebut, lantai batu alam juga sering digunakan untuk lantai carport (garasi) rumah tinggal. Namun, saat memasang lantai jenis ini dibutuhkan ketelitian, dan seni yang cukup tinggi sehingga mampu mendapatkan hasil susunan batu alam yang cantik, rapi dan alami.

 

Jenis #2: Granit

 

 

Material lantai yang satu ini memiliki sifat lebih eksklusif dan kualitas yang lebih baik dari keramik, jadi jangan heran jika harganya dipasaran cukup mahal. Terdapat dua jenis lantai berbahan granit, yaitu; granit tile, dengan proses bembuatan yang rumit, dan granit alam dengan proses bembuatan yang lebih sederhana. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya poles terlebih dahulu dengan alat poles yang diperuntukan khusus untuk lantai granit. Ruangan yang tepat dipasangi granit adalah ruang tamu atau living room.

 

Jenis #3: Keramik

 

 

Materi yang satu ini telah menjadi pilihan favorit kebanyakan masyarakat di Indonesia.  Selain harganya yang terjangkau, keramik juga sangat mudah dipasang dan tersedia dengan beragam macam pilihan warna, corak serta ukuran. Ada 2 jenis keramik yang beredar di pasaran; keramik bertekstur licin atau halus yang cocok dipasangkan untuk ruangan indoor (ruang tamu, living room, dan kamar tidur), selanjutnya keramik bertekstur kasar yang cocok dipasangkan untuk ruangan outdoor (teras, kamar mandi, tempat cuci dan garasi), bahannya mudah menyerap basah atau kelembaban.

               

Jenis #4: Lantai Hardener

 

 

Lantai yang satu ini dikenal juga dengan nama lantai plesteran finishing epoxy. Lantai yang sering digunakan untuk ruang-ruang seperti gudang, atau garasi ini terbuat dari campuran bahan pembuat beton dengan finishing acian dan pelapis epoxy di bagian atasnya. Diperlukan alat khusus yang diberi nama ‘trowel’ untuk membuat lantai ini, juga keahlian khusus untuk memasangnya. Jenis lantai ini sedang marak-maraknya digunakan untuk rumah dengan arsitektur bergaya urban, industrial, atau minimalis, selain itu café dan restoran dengan tema-tema tersebut juga ikut mempergunakan lantai jenis Hardener ini.

 

Jenis #5: Marmer

 

Lantai yang satu ini cukup jarang dipergunakan oleh kebanyakan orang, lantaran harganya yang cukup mahal. Lantai ini tebuat dari batu alam asli yang kemudian dipotong menjadi lembaran-lembaran besar. Lantai marmer memiliki tekstur, warna dan motif khas. Ruangan-ruangan yang cocok berlantai marmer diantaranya; kamar tidur, ruang tamu, dan dinding atau lantai toilet.

 

Jenis #6: Parket

 

 

Lantai jenis ini terbuat dari lembaran kayu (solid) asli, serbuk kayu (laminating flooring) ataupun bahan sintetis bermotif kayu (wood plastic composite). Jenis lantai ini akan memberikan rasa nyaman dan aman serta hangat. Cocok apabila diperuntukan untuk ruang kamar tidur atau sebagai dekorasi tambahan untuk dapur Anda.

 

Jenis #7: Tegel

 

Bahan dasar pembuatan lantai tegel ini adalah semen dan bubuk pewarna. Tersedia dalam berbagai pilihan, baik polos dengan warna solid (tanpa motif), hingga beraneka ragam motif dan warna. Harganya yang cukup terjangkau, dapat menjadi pilihan Moms untuk dipadupadankan pada ruangan teras, diding kamar mandi hingga dapur.

 

Jenis #8: Teraso

 

 

Lantai ‘terrazzo’ adalah lantai yang terbuat dari serbuk, serpihan ataupun pecahan granit, marmer, kaca atau batu. Lantai yang satu ini dibuat dengan proses pencampuran bahan, dicetak dan dibakar. Untuk proses pemasangannya dibutuh proses akhir, berupa pemolesan agar lantai terlihat lebih mengilap. Lantai teraso ini cocok diperuntukan untuk ruangan tamu dan ruang keluarga, coraknya yang khas akan mempercantik kedua ruangan tersebut.

 

Banyaknya pilihan jenis lantai tentu akan menjadi inspirasi tersendiri untuk Anda dalam memilih inspirasi yang tepat untuk desain ruangan-ruangan pada rumah. Tapi jangan memilih yang tidak cocok dengan keperluan Anda ya, apalagi jika harganya jauh dari budget yang sudah dianggarkan sebelumnya. Jika ada bagian rumah Anda yang berkonsep semi-outdoor, ini bisa mengundang banyak serangga. Jangan lupa bersihkan lantai rumah Anda dengan SOS Cairan Pembersih Lantai Sereh secara teratur. Selain dapat membunuh kuman, membersihkan debu, noda, dan kotoran yang ada di permukaan lantai serta mengkilapkan lantai, aroma serehnya juga dapat mengusir serangga dari rumah Anda. Tidak hanya terlihat cantik dan higienis, kini lantai rumah juga bebas dari serangga.