Cara Pintar Membereskan Rumah

27-December-2016 Tips


Tiap hari waktu Anda habis untuk membersihkan rumah? Sebetulnya Anda bisa mempercepat ritual beres-beres ini dengan tetap menjaga rumah tetap bersih dan rapi lho. Coba saja lakukan cara mudah dan hemat waktu untuk membereskan rumah berikut ini :

Mandi multi-tasking
Sambil mandi, sesekali gosok juga dinding dan lantai kamar mandi rumah. Tugasi juga seluruh anggota keluarga untuk melakukannya setiap kali mereka masing-masing mandi. Alhasil kamar mandi akan senantiasa bersih dan hanya perlu dibersihkan sebulan sekali. Gunakan SOS pembersih carbol anti bacterial untuk permukaan toilet, kandang hewan, teras rumah atau tempat lainnya yang banyak bersarang kuman. Kuman hilang dan lantai rumah Anda menjadi wangi dan segar.

Fokus pada ruangan yang tepat
Fokuslah membersihkan ruangan yang paling sering dipakai di rumah. Utamakan selalu membereskan tempat tidur, dapur, ruang makan, dan ruang keluarga.  Jika ada waktu lebih barulah bersihkan ruangan lain yang jarang terpakai seperti kamar tamu, ruang tamu, atau balkon. Tapi jangan sampai terbengkalai juga, jadwalkan untuk membersihkan area ini minimal 1 kali seminggu.

Beli alat pembersih yang bagus
Hindari membeli alat pembersih seperti gagang pel, lap, atau spons yang bahannya nampak meragukan hanya karena harganya murah. Sebaliknya beli alat pembersih yang betul-betul berkualitas agar tahan lama. Harganya bisa jadi agak mahal, tapi anggaplah sebagai investasi agar kegiatan bersih-bersih Anda lancar tanpa perlu sering gonta-ganti cleaning tools.

Bekerja dengan aturan top-down
Selalu ingat untuk membersihkan permukaan yang paling atas baru bertahap turun ke bawah sampai lantai. Ini berguna agar kotoran yang berada di atas bisa rontok ke lantai dan nantinya bisa sekalian Anda bersihkan saat menyapu dan mengepel lantai.

Kumpulkan peralatan pembersih dalam satu tempat
Jika rumah Anda terdiri dari beberapa tingkat atau ukurannya cukup luas, akan sangat makan waktu kalau Anda harus berputar-putar ke sana kemari untuk mengambil peralatan pembersih di tempat yang berbeda-beda. Sebaiknya Anda menyimpannya di satu tempat (seperti tas atau kotak perkakas) dan ketika akan mulai berberes rumah Anda bisa menenteng tempat tersebut bersama Anda.

Bekerjasama dengan setiap penghuni rumah
Jika memungkinkan, bagilah tugas yang bisa saling meringankan beban tanggung jawab membereskan rumah. Misalnya, setiap orang harus bertanggung jawab mencuci piring dan gelas yang dipakai, ataupun membersihkan kamar mereka masing-masing.