Tips Memilih Lantai Rumah

03-February-2017 Tips


Lantai rumah adalah komponen penting dalam sebuah rumah. Sebab banyak sekali kegiatan yang sering dilakukan di atas lantai. Misalnya saja menjadi tempat anak-anak Anda bermain. Pemilihan jenis lantai rumah juga juga bisa memberikan kesan yang berbeda. Rumah Anda bisa terlihat lebih luas atau sempit, etnik atau modern, dan tekstur yang Anda rasakan saat memijak lantai juga berbeda. Agar tidak salah memilih lantai rumah Anda, sebaiknya gunakan tip di bawah ini sebagai pertimbangan.

Pemilihan warna
Tahukah Anda kalau lantai berwarna gelap akan membuat ruangan terlihat lebih kecil? Sementara lantai berwarna terang justru sebaliknya, dapat memberikan kesan lapang dan cerah. Namun bukan berarti Anda harus selalu memilih warna terang. Warna gelap juga boleh digunakan untuk ruangan yang berukuran luas. Sementara untuk ruangan yang sempit, gunakan warna terang agar tidak terkesan semakin sempit.

Bentuk investasi
Ingatlah bahwa memilih lantai rumah yang berkualitas bukanlah pemborosan, melakinkan investasi. Banyak lantai rumah yang harganya murah tetapi rapuh dan mudah retak. Anda tentu tak ingin repot dengan sering mengganti lantai rumah Anda bukan? Apalagi, mengganti lantai rumah justru akan menjadi pemborosan sebab lantai rumah tidak bisa dibeli satuan—meskipun yang rusak hanya beberapa saja.

Rencana matang
Saat membeli material lantai rumah, ingatlah untuk membeli 5-10% lebih banyak daripada jumlah yang kamu butuhkan. Sebab selalu ada kemungkinan ubin/lantai rumah akan pecah, retak, atau salah potong dalam proses pemasangan.

Ukuran terbaik
Banyak orang yang lebih memilih ubin/material lantai berukuran besar ketimbang yang kecil. Mereka beranggapan jika memilih ubin berkuran kecil, maka berarti semakin banyak jumlah yang perlu dibeli. Namun sebenarnya sesuaikan ukuran ubin dengan komposisi ruangan Anda. Jika ruangan tersebut mengharuskan memotong banyak ubin (misalnya untuk menyesuaikan peletakan perabotan), maka ubin dengan ukuran kecil akan terlihat lebih baik. 

Saran perawatan
Untuk lantai rumah yang lebih bersih dan mengilap, sebaiknya bersihkan lantai dengan obat pel terpercaya setiap hari. SOS anti bacterial adalah produk pembersih lantai yang mampu merawat lantai dan membunuh kuman hingga 99%. Sementara untuk lantai marmer, gunakan SOS Permbersih Marmer. Mengandung formula anti bacterial dan wax, mampu membasmi kuman, melapisi dan menjaga kilap lantai marmer dan granit di rumah Anda.